Fakta Festival Musik Keren Dan Unik Indonesia

festival musik keren

Sepertinya tidak ada yang bisa mengalahkan euforia nonton konser musisi favorit secara langsung. Bahkan saat konser sudah usai, masih bisa dirasakan euforianya hingga berhari-hari kemudian. Apalagi kalau konser yang didatangi punya konsep super unik, rasanya makin susah move on aja. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga cukup rutin menggelar konser musik dengan konsep yang menarik. Sebagian besar di antaranya bahkan merupakan konser musik jazz!

Jazz Atas Awan

Konser musik satu ini masih merupakan bagian dari Dieng Culture Festival, sebuah festival kebudayaan yang diadakan di Gunung Dieng. Disebut Jazz Atas Awan karena konser musik satu ini digelar di dataran tinggi terbesar kedua di dunia, yakni di ketinggian 2093mdpl. Dengan suhu yang nggak lebih dari empat derajat Celcius, Jazz Atas Awan juga sering disebut Jazz Kemul Sarung karena penontonnya harus berselimut sarung agar nggak kedinginan.

Acara yang merupakan bagian dari Festival Budaya Dieng ini sudah diselenggarakan sejak tujuh tahun yang lalu dan selalu berhasil menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Menurut Budhi Hermanto, penggagas pagelaran jazz atas awan, pada tahun ini pertunjukkan digelar selama dua hari, karena banyaknya musisi yang berminat untuk bermain di acara itu.

“Ada 84 kelompok musisi jazz yang menyatakan berminat untuk ikut meramaikan pertunjukkan jazz atas awan tahun ini. Oleh sebab itu, panitia penyelenggara memutuskan untuk menggelar dua kali pertunjukan jazz atas awan,” ujar Budhi.

LaLaLa Festival

Fans Kodaline pasti familiar banget deh dengan LaLaLa Festival. Di konser musik inilah band asal Irlandia tersebut tampil untuk pertama kalinya di Indonesia. Mengklaim diri sebagai festival internasional pertama di Indonesia yang diadakan di hutan, LaLaLa Festival pertama kali digelar pada tanggal 5 November 2016 di Cikole, Lembang, Bandung. Selain Kodaline, Jasmine Thompson dan Keith Ape yang ikut mengisi acara.

Biasanya, acara musik yang disajikan dengan venue outdoor ataupun indoor  menjadi pilihan pas untuk festival musik. Tapi, gimana jadinya kalau festival musik diselenggarakan di pemandangan yang nggak biasa seperti di dalam hutan? Unik banget, kan?

Acara musik yang satu ini memang sudah menjadi acara tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi penikmat musik. Apa lagi kalau bukan Lalala Festival! Memilih kota Bandung, tepatnya di Orchid Forest Cikole, festival ini pas banget untuk kamu yang ingin menikmati musik dengan atmosfir yang nggak biasa. Gimana nggak? Menonton band favorit kamu di dalam hutan yang sejuk memang benar-benar bikin betah deh!

 

Lalala Festival tahun ini menampilkan bintang tamu yang cukup besar. Beberapa deretan musisi Internasional seperti Oh Wonder, Wafia, Tom Odell, Blackbear, Bondax, Blonde, dan RKCB ikut memeriahkan acara. Nggak ketinggalan juga musisi tanah air seperti The Groove, Adhitia Sofyan, Pusakata, Rendy Pandugo, Reality Club, Roycdc, Ten2five dan Dipha X Kalula X Nadine.

Memasuki pintu masuk acara, kamu benar-benar disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa asri! Hutan Orchid tampak sangat terawat dan menjadi tempat yang pas untuk menikmati musik. Kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan sepanjang jalan menuju panggung yang telah didesain sedemikian rupa.

Di sisi lain, area kuliner juga nggak kalah keren. Kamu bisa menikmati makanan yang disajikan dengan pemandangan pohon pinus. Di luar area kuliner juga banyak banget bean bag yang disediakan untuk sekedar nyantai sambil menunggu musisi favoritmu tampil.

Pokoknya, pengalaman nonton konser yang unik bisa kamu dapatkan di Lalala Festival!

Synchronize Fest

Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia lagi banjir konser musik internasional. Nah, agar seimbang, promoter Dyandra Promosindo menggelar festival musik khusus musisi tanah air bernama Synchronize Fest. Para penampilnya pun benar-benar lintas genre dan generasi, Urbaners. Mulai dari Glenn Fredly, Mocca, Efek Rumah Kaca, Barasuara, hingga Rhoma Irama pun pernah manggung di Synchronize Fest! Selain konser musik, festival ini juga menghadirkan outdoor cinema dan art market

MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour

Sama seperti namanya, acara ini menyulap mobil tour tersebut menjadi sebuah panggung. Menjelajah dari satu kota ke kota lainnya menghibur para Urbaners dengan penampilan musisi-musisi jazz papan atas. Tidak ada gap antara musisi dan penonton, sehingga membuat suasana lebih hangat dan kekeluargaan. Selain itu, disekeliling stage selalu terdapat foodtruck lokal yang membuat lo betah berlama-lama di Stage Bus Jazz Tour. Nah, buat lo yang belum pernah  datang, pas banget, Urbaners, sebentar lagi Stage Bus Jazz Tour 2017 akan dimulai. Tahun ini akan lebih banyak titik yang dijajah mulai dari pulau Jawa, Bali, Lombok sampai Lampung!

Prambanan Jazz

Selain di pegunungan dan pantai, konser musik jazz juga bisa kamu lihat di Candi Prambanan, Yogyakarta. Tahun ini, Prambanan Jazz baru aja diadakan pada tanggal 18, 19, dan 20 Agustus lalu. Selama tiga hari tersebut, nggak cuma musisi lokal aja yang tampil. Ada pula beberapa musisi internasional seperti Shane Filan dan Sarah Brightman yang pernah manggung di Prambanan Jazz. Konser musik satu ini dikenal dengan sistem lighting-nya yang menakjubkan banget bagusnya.